Topologi Jaringan

64 views

Apakah anda ingin berlangganan paket wifi di Jakarta? Sudahkan anda mengetahui harga pasang internet di rumah? Jika anda sedang mencari tahu info tentang berlangganan internet anda bisa membuka website GIG Oredo. Harga dan kualitas yagn ditawarkan sangat bagus. GIG mempunyai berbagai macam paket internet yaitu GIG15, GIG30, GIG50, dan GIG100, dimana perbedaannya terletak pada kecepatan dan device yang bisa terhubung dengan jaringan. Sebenarnya jaringan internet mempunyai berbagai macam bentuk dan bentuk jaringan biasa disebut dengan topologi jaringan. Berikut adalah macam – macam topologi jaringan yang biasa digunakan:

  1. Topologi Ring

Ring Topologi

Topologi ring mempunyai bentuk seperti cincin, dimmana setiap computer saling terhubung satu sama lain dengan satu kabel.  Misalkan ada 5 komputer disusun secara terurut, dan computer 1 ingin mengirimkan data ke computer 4 maka data akan melewati computer 2 dan 3. Kelebihan jaringan jenis ini adalah proses pemasangan dan instalasi yang mudah, penggunaan kabel pun sedikit, tetapi kelemahannya adalah sangat fatal jika ada satu computer yang error karena akan menghambat semuannya.

  1. Topologi Bus

Topologi ini tersusun rapi dengan antrian dan hanya menggunakan satu kabel coaxial, dan computer yang terhubung menggunakan konektor BNC. Kelebihan jaringan ini pemasangan dan instalasinya sangat mudah, tetapi jika ada gangguan akan mengganggu kinerja semua computer. Untuk mencari dimana gangguan tersebut pun sangat sulit.

  1. Topologi Star

Topologi ini berbentuk bintang dimana semua computer bisa terhubung, dan dihubungkan dengan hub atau switch denga kabel UTP. Misalkan computer 1 ingin mengirim data ke computer 4 tidak perlu lagi melewati computer 2 dan 3. Jenis topologi inilah yang sering digunakan. Kelebihan topologi ini adalah mudah mencari gangguan yang terjadi dan keamananya yang cukup tinggi. Kekurangannya topologi ini membutuhkan banyak biaya untuk pembuatan,  dan perlu banyak kabel.

Itulah beberapa topologi jaringan yang digunakan, tetapi untuk sekarang yang biasa digunakan adalah topologi star, dan sudah jarang sekali menggunakan kabel.