Selesaikan Masalah Keuangan Dengan KTA Atau Kartu Kredit?

405 views

www.alhadi.org

Jangan pernah takut untuk menentukan pilihan berutang. Selama kita bijak dalam mengelolanya utang tidak akan membuat kita menjadi bangkrut. Ada dua pilihan utang yang terbilang legal dan aman yakni KTA atau Kartu kredit. Sama halnya seperti saudara kembar, meskipun KTA atau Kartu kredit merupakan sebuah pinjaman, namun keduanya memiliki perbedaan. Bila kamu sedang dihadapkan pada pilihan KTA DBS atau Kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan melalui pinjaman dari bank. Cermati penjelasan dibawah ini terlebih dahulu.

Kartu kredit
Perlu diingat bila kartu kredit merupakan alat pembayaran. Jadi fungsi utamanya untuk membayar. Misalnya ketika sedang berbelanja di supermarket kamu membayarnya menggunakan kartu kredit. Setelah kita menggunakannya selama satu bulan, tiba saatnya untuk melunasi tagihan kartu kredit tersebut. Tagihan yang akan dibebankan termasuk bunga 2,95 %. Namun bila kita melunasi tagihan secara penuh maka bunga tersebut tidak perlu untuk kita tunaikan.

Keuntungannya, kita hanya perlu satu kali saja melakukan pengajuan. Setelah mendapatkannya, kita tinggal memaksimalkan manfaat dan kegunaannya. Kartu kredit pun bisa memberikan imnalan dan keuntungan lebih melalui reward, diskon atau potongan harga, poin hingga cashback.

KTA atau Kredit Tanpa Agunan
KTA merupakan pinjaman yang bisa diajukan ke bank atau lembaga keuangan oleh masyarakat tanpa perlu menyertakan jaminan atau agunan. Misalnya kamu mau pinjam uang ke bank Rp. 1.000.000 namun tidak memiliki barang berharga sebagai janiman. Kita tetap bisa meminjam uang senilai tersebut ke bank atau lembaga keuangan, namun karena tidak ada jaminan, bunga yang dibebankan lebih tinggi. Umumnya utang berupa KTA ini digunakan untuk membiayai hal yang bersifat produktif seperti renovasi rumah, biaya pendidikan, hingga modal usaha.

Bila disimpulkan kamu bisa memilik KTA atau Kartu kredit ketika :

Kartu Kredit :
•    Butuh dana cepat
•    Jumlah yang dibutuhkan tidak melebihi limit yang kamu sanggupi
•    Yakin dapat melunasi tagihan tanpa menunggak ke tagihan – tagihan berikutnya

KTA :
•    Perlu uang dalam jumlah yang cukup besar
•    Tidak dalam kondisi darurat, misalnya bisa menunggu 1 hingga 2 minggu
•    Hanya bisa melunasi pinjaman dalam jangka waktu yang cukup panjang, misalnya 1 hingga 5 tahun.

Intinya mau pilih KTA atau Kartu kredit tergantung dari seberapa banyak uang yang kamu butuhkan dan seberapa cepat uang tersebut dibutuhkan atau bisa kamu lunasi. Jangan lupa untuk selalu merencanakan keuanganmu. Jangan sampai terkena masalah akibat tidak memiliki persiapan keuangan yang tepat.

Leave a reply "Selesaikan Masalah Keuangan Dengan KTA Atau Kartu Kredit?"