Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Kamera Digital

41 views

cameras_resize

Memiliki kamera digital telah menjadi trend masa kini. Kamera digital memiliki berbagai macam pilihan jenis, selain itu harganya pun bervariasi. Tapi jangan khawatir, Anda dapat memanfaatkan promo Ramadhan kali ini untuk menghemat uang Anda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera digital.

Pelajari Istilah Kamera Digital

Bagi Anda yang belum pernah memiliki kamera digital pasti akan bingung dengan istilah-istilah yang ada di dalamnya. Banyak sekali istilah dalam kamera digital, seperti LCD, ISO, SD, Ratio, AF-Lock, Burst Mode, AE, AF, dan lain-lain.

Tanya Rekomendasi Teman

Anda pasti punya teman yang memiliki kamera digital, bukan? Anda bisa mengumpulkan informasi terkait kamera digital dari mereka. Tanyakan apa saja kelebihan dan kekurangan kamera digital yang mereka miliki. Selain itu, Anda juga bisa tanyakan rekomendasi kamera digital yang bagus dan cocok serta harganya pas di kantong Anda.

Tentukan Budget yang Akan Anda Keluarkan dan Harga

Hal utama yang sangat perlu Anda perhatikan adalah seberapa besar budget yang akan Anda keluarkan untuk membeli kamera. Anda dapat membandingkan berbagai harga kamera digital yang sesuai dengan budget Anda. Setelah memastikan budget, baru Anda bisa tentukan spesifikasi dan fitur kamera sesuai kebutuhan memotret Anda.

Selain itu, Perlu Anda perhatikan bahwa ketika membeli kamera, Anda juga perlu mengeluarkan uang untuk aksesoris pendukung. Aksesoris itu berupa tas kamera, alat pembersih kamera, tripod, dan lain-lain. Sehingga, pastikan budget yang Anda miliki sudah termasuk untuk membeli keperluan aksesoris tersebut.

Tentukan Jenis Kamera Digital

Setelah mengetahui kebutuhan memotret Anda, sekarang waktunya untuk menentukan jenis-jenis kamera digital. Terdapat 3 jenis kamera digital, yaitu kamera compact/saku, kamera prosumer atau superzoom, dan kamera DSLR dan mirrorless. Kamera saku cocok untuk dibawa saat travelling. Sedangkan kamera DSLR adalah kamera yang paling banyak dicari saat ini.

Tentukan Jenis Lensa dan Resolusi Kamera

Lensa kamera adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Dalam menentukan jenis lensa kamera, Anda harus tentukan terlebih dahulu objek apa yang akan sering Anda potret. Jika objek pemandangan alam, maka lensa dengan kemampuan jangkauan yang luas akan tepat untuk Anda.

Resolusi kamera sangat beragam, ada 4 megapixels, 6 megapixels, bahkan 10 megapixels. Tentukan resolusi kamera digital Anda sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin menghasilkan gambar yang detail dan bagus, cari kamera yang minimal memiliki resolusi 10 megapixels. Semakin tinggi resolusi, maka akan semakin bagus dan detail gambar yang dihasilkan.

Sesuaikan Kamera dengan Keahlian

Jika Anda adalah seorang fotografer pemula, maka belilah kamera digital sesuai keahlian Anda. Kamera saku atau pocket camera sudah cukup untuk Anda miliki jika Anda seorang fotografer pemula. Kesahalan yang umum terjadi adalah Anda sebagai pemula membeli kamera yang terlampau mahal dan memiliki kemampuan hebat. Hal ini tentu sangat mubazir, bukan?

Mencoba Kamera sebelum Membeli

Sebelum membeli kamera digital, ada baiknya Anda coba terlebih dahulu kamera tersebut ketika di toko. Coba beberapa model kamera dengan merek dan tipe yang berbeda, lalu bandingkanlah.

Selain itu, cobalah kamera tersebut di berbagai intensitas cahaya, lalu lihat hasil fotonya. Kesalahan yang sering muncul adalah Anda tidak mencoba kamera yang hendak Anda beli terlebih dahulu.

Perhatikan Battery dan Charge

Battery dan charge adalah 2 komponen kamera yang sangat penting. Jika kamera digital menggunakan battery Lithium, penggunaannya tidak membutuhkan banyak perhatian. Untuk kamera yang menggunakan battery jenis AA disarankan untuk menggunakan battery yang bisa diisi ulang. Walaupun harganya lebih mahal tetapi memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan battery Alkaline.

Perhatikan Memory Storage

Setiap kamera pasti memiliki memory internal di dalamnya, akan tetapi memori itu tidak banyak. Anda harus memastikan bahwa kamera yang Anda beli memiliki port untuk memory external, sehingga Anda dapat memberikan memori tambahan untuk kamera Anda. Harga memory external sangat bervariasi, tergantung pada besarnya kapasitas.

Fitur Tambahan

Fitur tambahan dalam kamera digital salah satunya adalah kemampuan untuk merekam gambar bergerak (video). Ingat, fitur ini hanyalah sebagai tambahan saja dan memiliki kemampuan terbatas.

Sehingga, jangan menentukan keputusan untuk membeli kamera digital Anda berdasarkan kualitas merekam video. Jika Anda berniat merekam video, maka disarankan untuk menggunakan handycam atau alat sejenisnya yang memang dirancang untuk merekam video.

Pastikan Garansi

Anda pasti tidak ingin jika kamera Anda rusak tidak ada garansi yang menanggung sehingga Anda perlu mengeluarkan uang banyak. Garansi memang sangat penting. Cobalah periksa dan tanyakan garansi kamera digital sebelum Anda membeli. Selain itu, tanya juga bagaimana layanan purna jual yang berhak Anda dapatkan.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera digital. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan tidak sesuai dengan barang yang Anda dapatkan, ya! Nah, mumpung ada promo Ramadhan dari blibli.com untuk kamera digital, Ayo beli sekarang! Tunggu apalagi? Jangan sampai kelewatan!