Panduan Wajib Diketahui Para Pendaki dalam Memilih Sandal Gunung yang Tepat

363 views

Sandal merupakan salah satu jenis alas kaki yang sering digunakan masyarakat untuk melindungi kaki dari berbagai macam ancaman. Semakin kesini keberadaan pelindung kaki tersebut semakin bervariasi, dapat dikatakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Seperti halnya jenis sandal gunung yang sengaja diciptakan untuk mereka yang suka dengan kegiatan berpetualang. Walaupun sebenarnya sandal tersebut bisa juga digunakan dalam kegiatan lainnya tetapi kurang tepat dan kurang sesuai. Hal itu dipengaruhi oleh desain atau model setiap sepatu atau sandal yang berbeda-beda, sesuai kondisi medan yang akan dilalui.

t6-e1453116617773

Kenyamanan dalam memilih sepatu merupakan hal mutlak yang tidak bisa ditawar lagi, apalagi untuk para pendaki gunung. Perjalanan yang panjang dan kondisi jalan yang tidak beraturan membuat Anda harus memilih sepatu yang tepat. Banyaknya penjual yang menawarkan produknya melalui toko online ataupun offline tidak semuanya mempunyai kualitas yang bagus. Nah, berikut ini beberapa panduan pembelian sepatu yang tepat untuk para traveler yaitu

1. Ukuran.

Yang pertama pastikan mempunyai ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Anda bisa mencobanya sekalian menggunakan kaos kaki, karena dalam berbagai perjalanan panjang pasti akan menggunakan kaos kaki. Tanpa menggunakan item tersebut tentunya kaki akan mudah lecet atau tidak nyaman sepanjang perjalanan.

2. Tekstur.

Kemudian lihat dari tekstur sepatu atau sandal yang Anda pilih, sandal yang mempunyai kualitas bagus itu sangat lentur jadi mengikuti gerakan kaki supaya lebih nyaman. Tetapi jangan juga terlalu lentur yang membuat pendakian terganggu, apalagi jika terlalu keras.

3. Bagian alas.

Dan selanjutnya Anda bisa melihat pada bagian alas sandal, jangan sampai saat Anda gunakan sangat licin sehingga mengganggu perjalanan. Seperti yang diketahui bahwa medan pada pegunungan sangat tidak beraturan.

4. Model.

Jika Anda melihat dipasaran akan banyak ditemukan beragam model sandal untuk pendakian, umumnya memang 2 macam yaitu jepit dan selop. Tetapi dari kedua jenis sandal gunung tersebut muncul lagi beberapa model lainnya. Hal ini kembali pada kenyamanan setiap orang, jika memang menggunakan yang model jepit pastikan Anda menyeimbangkan dengan model kaos kaki yang digunakan juga.

5. Grip atau penghubung.

Perhatikan juga grib yang dimiliki oleh sandal pendakian tersebut, hal ini juga mendukung kenyamanan Anda saat melakukan pendakian ataupun penurunan. Selain itu juga penghubung, ini berlaku untuk mereka yang memilih slop. Pada umumnya ada beberapa pengait yang membuat Anda semakin nyaman berjalan. Perlu perhatikan bagian tersebut apakah memang kuat dan berkualitas bagus.

6. Merk.

Sebuah merk merupakan salah satu hal yang mempermudah setiap orang untuk mengingat produk. Beberapa merk sandal pendaki beredar banyak dipasaran dari mulai yang baru sampai dengan merk lama yang telah teruji belasan tahun. Nah, ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan sepatu yang tepat dan berkualitas bagus.

7. Harga.

Dari mulai harga yang murah sampai dengan harga yang mahal tersedia semua dipasaran, Anda bisa menentukan mana yang sesuai dengan kemampuan tanpa menyampingkan kualitas.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat Anda membeli sepatu untuk kegiatan pendakian. Sebenarnya dalam kegiatan naik gunung bukan hanya sandal gunung saja yang perlu Anda perhatikan, tetapi juga perlengkapan lainnya. Selain itu juga mental dari dalam diri sendiri terlebih dahulu supaya siap dengan perjalanan di alam untuk waktu yang tidak sebentar.

 

Leave a reply "Panduan Wajib Diketahui Para Pendaki dalam Memilih Sandal Gunung yang Tepat"