Mengenal Desain Rumah Bergaya Jepang Ala Anime Doraemon

839 views

Bagi kamu  yang suka nonton serial anime Jepang Doraemon, kamu pasti tahu bagaimana desain rumah keluarga Nobita. Desain rumah yang minimalis yang sederhana  namun tetap menampilkan kesan yang homey.

Mengenal Desain Rumah Bergaya Jepang Ala Anime Doraemon

Jepang memang punya desain rumah yang unik, memiliki ciri khas pada penggunaan material kayu dalam bangunan rumahnya. Di jepang, gaya tradisional mereka diberi nama Minka yang berarti rumah hunian untuk rakyat biasa.

Di negara barat, gaya arsitektur rumah jepang ini populer dengan nama gaya arsitektur “Zen” karena gayanya yang bisa dikombinasikan dengan konsep minimalis. Material yang paling banyak dalam rumah jepang yaitu kayu karena akan lebih terlihat alami. Penggunaan lemari pakaian minimalis terbaru serta lemari kabinet terbaru bisa menambahkan aksen minimalis pada rumah  jepang

Washitsu

Washitsu merupakan sebuah ruangan yang beralaskan tatami dalam rumah Jepang. Tatami adalah sejenis tikar yang berbahan jerami yang dibuat secara tradisional di Jepang. Washitsu berfungsi sebagai ruangan serba guna sesuai dengan perabotan yang ada. Misalnya jika diletakkan meja makan, maka washitsu menjadi ruang makan untuk keluarga.

Tetapi washitsu juga punya ruang khusus yaitu sebagai ruang utama untuk menjamu tamu. Oleh karena itu washitsu adalah salah satu ciri khas dari rumah jepang. Seperti di serial anime Doraemon washitsu yang sering ditampilkan yaitu washitsu sebagai ruang makan dan santai keluarga karena terdapat meja makan dan tv.

Perabot Rumah Berbahan Kayu

Penggunaan material kayu pada setiap bagian rumah termasuk isinya adalah ciri khas rumah jepang. Penggunaan material kayu dimaksudkan agar rumah terlihat alami serta nyaman untuk ditinggali, seperti menyatu dengan alam. Material kayu digunakan pada perabot seperi meja makan, lemari, rak buku, meja untuk tv, dll.

Di era modern sekarang ini, penggunaan lemari pakaian minimalis terbaru serta lemari kabinet terbaru bisa menambahkan aksen minimalis pada rumah  Jepang. Gaya rumah jepang sangat cocok dikombinasikan konsep minimalis salah satu pada penggunaan perabotan rumah.

Genkan

Salah satu ciri khas dari desain rumah jepang yaitu adanya genkan atau pembatas antara pintu masuk dengan ruang tamu. Genkan difungsikan sebagai tempat melepaskan sepatu atau sandal agar tidak dibawa masuk ke dalam washitsu. Kita pasti sering melihat genkan di serial anime Doraemon, tempat dimana seluruh keluarga Nobita melepaskan sepatu atau pakaian luar mereka.

Toilet Jongkok Sebagai Salah Satu Ciri Khas Rumah Jepang

Dalam rumah Jepang tidak ditemukan toilet duduk melainkan toilet jongkok. Itu dikarenakan toilet jongkok merupakan toilet tradisional Jepang. Akan Tetapi uniknya penggunaan toilet jongkok oleh orang-orang Jepang yaitu dengan cara menghadap ke dinding belakang toilet.

Jepang memang memiliki desain rumah yang unik. Pada rumah Jepang, sangat jarang ditemukan kursi khususnya pada ruang tamu dan ruang makan, karena mereka memiliki budaya duduk yang langsung beralaskan lantai. Penggunaan perabotan yang sedikit membuat rumah Jepang terlihat sangat luas.

Keunikan-keunikan pada rumah Jepang ini bisa dijadikan inspirasi untuk membangun rumah idaman. Agar mendapatkan kesan modern minimalis, Anda bisa menambahkan lemari pakaian minimalis terbaru serta lemari kabinet terbaru dalam washitsu.

Leave a reply "Mengenal Desain Rumah Bergaya Jepang Ala Anime Doraemon"