Masalah yang Terjadi Jika Asal Memilih Mesin Cetak dengan Harga Printer Murah

746 views

Printer atau mesin cetak digunakan untuk mengubah soft file yang ada di komputer ke bentuk hard copy yang tercetak pada kertas atau media yang lainnya. Harga printer yang ada di pasaran tergantung beberapa hal yang diantaranya adalah dari fitur yang dimiliki printer tersebut, kemampuan serta merk. Kesalahan dalam memilih mesin cetak misalnya karena tergiur harga printer murahmenyebabkan printer lebih cepat mengalami masalah sehingga tidak tahan lama jika dibandingkan dengan printer dengan harga yang sepadan dengan kemampuannya.

Harga-Printer-Epson-Murah

Banyak permasalahan yang sering terjadi pada printer terutama printer murah. Pertama adalah masalah kertas macet. Masalah ini timbul saat printer hendak mencetak dokumen dan kertas tersangkut saat hendak keluar sehingga printer berhenti berfungsi. Agar tidak terjadi masalah yang lebih serius pada mesin cetak, maka hindari untuk menarik kertas keluar dari bawah penutup dan sebaiknya ditarik dari bagian belakang dari printer atau dari baki kertas.

Kedua adalah cetakan yang bergaris serta warna yang pudar. Masalah printer ini biasanya terjadi karena printer jarang untuk digunakan. Namun selain itu, terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kerusakan tersebut, yaitu:

  • Gelembung udara di bagian dalam cartridge mungkin karena saat pengisian ulang tinta pada cartridge.
  • Print head yang tersumbat tinta kering karena jarang digunakan.
  • Print head rusak atau posisi berubah karena kerusakan fisik.
  • Salah pemasangan cartridge.
  • Tinta habis.
  • Settingan yang salah.

Ketiga adalah cetakan yang tidak keluar. Jika hanya menilai dari harga printer murah saat memilih mesin cetak maka Anda akan menghadapi masalah seperti cetakan yang tidak keluar karena banyaknya gelembung udara di bagian dalam cartridge, label kuning yang tidak dibuang serta printer yang sudah tua sehingga bagian head printnya sudah rusak dan harus diganti. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda dapat mengganti head print, membuang label kuning agar udara dapat mengalir normal, mengganti cartridge jika rusak dan menggocoknya 3-4 kali sebelum digunakan.

Keempat adalah printer yang tidak mengenali cartridge yang baru saja dipasang. Terdapat beberapa kemungkinan penyebabnya yaitu cartridge yang tidak terpasang dengan benar, rangkaian pada cartridge yang rusak sebagian, menyentuh chip kecil yang ada di bagian cartridge dengan menggunakan tangan ataupun secara tidak sengaja jika chip tersebut basah atau bahkan kotor. Hal tersebut dikarenakan chip pada cartridge tersebut sangat sensitif dan mudah rusak sehingga sentuhan dengan tangan dapat menyebabkan masalah pada printer, terutama jika printer tersebut memiliki sistem yang memang sudah tidak dalam kondisi yang bagus.

Solusinya jika terjadi kerusakan nomor 4 tersebut adalah dengan memasang kembali cartridge dan mengecek mulai dari rangkainya bahkan chipnya agar mesin cetak tersebut dapat berfungsi dengan baik dan digunakan dalam jangka waktu lama walaupun memiliki harga printer murah. Setelah dipasang, terdapat beberapa peringatan yang akan Anda temui dan diantaranya adalah:

  • Peringatan cartridge tidak asli yang disebabkan adalah pesan dari produsen untuk konsumen atau user. Solusinya, Anda dapat mengabaikan peringatan tersebut karena peringatan tersebut tidak berpengaruh pada kualitas dari hasil cetakan printer nantinya.
  • Peringatan mengenai tinta habis padahal sudah diganti. Penyebabnya mungkin karena saat memasang cartridge yang baru, mesin cetak dalam posisi mati alhasil memory printer menganggap jika Anda belum mengganti cartridge. Solusinya, matikan dan hidupkan printer kembali.

 

Leave a reply "Masalah yang Terjadi Jika Asal Memilih Mesin Cetak dengan Harga Printer Murah"