Mari Berwisata Ke Museum-Museum Di Kota Bandung

1271 views

museum

Photo: trivia.id

Selama ini, sudah berapa kali Anda mengunjungi museum? Sebagian besar dari Anda mungkin akan menjawab dengan tidak lebih dari hitungan 10 jari, itu pun karena dulu pergi ke museum dalam rangka karyawisata yang diadakan oleh sekolah. Jika di bandingkan dengan taman bermain ataupun kafe, berwisata ke museum masih menjadi suatu hal yang jarang dilakukan orang, padahal, museum juga bisa menjadi tempat yang menarik, terlebih jika anda berwisata keliling museum yang ada di kota kreatif seperti Bandung!

Berbicara tentang Bandung, bukan hanya wisata kuliner nya saja yang wajib anda buru, berwisata sejarah juga bisa menjadi agenda yang wajib anda lakukan saat berwisata ke kota Kembang ini. Ingin tahu museum-museum apa sana yang ada di Bandung? Berikut 7 museum yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Bandung.

  • Museum Kereta Api

Museum Kereta Api atau yang dikenal juga dengan nama gedung Graha Parahyangan, di dalam museum ini, tidak hanya menyimpan foto-foto stasiun di sekitar pulau Jawa dari masa ke masa. Di dalam museum ini pun terdapat sebuah gerbong lama, mesin pembuat karcis, mesin cetak tanggal karcis, alat komunikasi telegraf, telepon kayu, serta alat hitung odhever zaman dulu dan sudah tidak digunakan lagi. Rencananya, pada area gerbong lama akan dibangun sebuah kafe agar masyarakat tertarik untuk berwisata ke museum.

Lokasi: Jalan Dayang Sumbi No 10.  Bandung

  • Museum Wolff Schoemaker

Siapa yang menyangka jika didalam hotel Grand Preanger yang sudah ada sejak jaman Belanda ini memiliki sebuah area museum didalamnya? Museum Wolff Schoemaker namanya, terletak di lobi hotel Grand Preanger,  museum ini berisi beberapa miniatur bangunan art-deco yang didesain oleh Wolff Schoemaker. Disini anda bisa melihat berbagai benda vintage seperti lift, kamera, dan telepon yang sudah tidak digunakan. Yang paling unik, di museum ini tersimpan sebuah kursi yang pernah diduduki oleh legenda seniman pantomime dunia, Charlie Chaplin.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.81, Bandung.

  • Museum Barli

Bandung disebut-sebut sebagai pusat perkembangan seni rupa modern di Indonesia, berdasarkan hal tersebut, maka dibangunlah Museum Seni Barli. Museum ini didirikan untuk mengenang Barli, seorang pelukis terkenal pada masanya, dan merupakan seorang illustrator yang mendesain logo Siliwangi, yang merupakan icon kota Bandung. Di museum Seni Barli, anda bisa melihat berbagai lukisan bersejarah karya Barli dari masa ke masa, sejarah perkembangannya, hingga alat-alat lukis yang pernah ia gunakan dalam menciptakan lukisannya. Demi melestarikan budaya, kreativitas, dan nilai-nilai Indonesia, Museum Barli juga sering mengadakan kelas menggambar.

Lokasi: Jl. Prof. Ir. Sutami No. 91, Sukasari, Bandung.

  • Museum Pos Indonesia

Anda seorang pengoleksii prangko? Jika iya, maka tempat ini wajib anda kunjungi. Berbagai ribuan perangko bisa anda temukan di tempat ini, meskipun tidak bisa dibeli ataupun ditukar, dengan melihat prangko dari luar negeri dan mulai dari zaman Perang Dunia ke-II dan zaman lainnya,  tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri. Selain perangko, terdapat juga sebuah surat emas bersejarah dari para raja di zamannya, tdak ketinggalan pula, berbagai kendaraan yang dipakai untuk mengantar surat, dapat Anda temui di sini. Alat transportasi tersebut mulai dari sepeda kumbang, sampai motor berbadan besar yang populer di tahun 1990-an.

Lokasi: Jl. Cilaki No.73, Citarum,  Bandung.

  • Museum Pendidikan Nasional

Museum yang berada di dalam area kampus UPI ini, masih tergolong baru dan memiliki desain bangunan yang mewah. Di dalam museum ini Anda bisa melihat cuplikan materi pelajaran, koleksi buku, alat tulis, ijazah, dan bangunan sekolah dari masa penjajahan sampai masa reformasi. Tidak peduli anda adalah mahasiswa pendidikan atau bukan, anda pasti tertarik datang ke museum ini, karena di lantai paling atas bangunan, terdapat sebuah rooftop yang dijadikan kafe.

Lokasi: Jl. Setiabudi No.229, Isola, Sukasari, Bandung.

  • Museum Sri Baduga

Museum yang dikelola oleh Pemprov Jawa Barat ini, mempunyai beberapa koleksi terlengkap seputar kebudayaan di Jawa Barat. Dari mulai batu, koin zaman dulu, wayang, kain, tumbukan, karya seni rupa, sampai kerangka makhluk hidup pun ada di sini. Cukup dengan berkeliling gedung bertingkat tiga ini, anda bisa langsung mengetahui sebagian besar sejarah dan kebudayaan di Jawa Barat. Museum yang letaknya berdekatan dengan monumen Bandung Lautan Api ini, biasa Anda kunjungi sesaat setelah puas berfoto di monumen Bandung Lautan Api yang Instagrammable.

Lokasi: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Bandung.

  • Museum Konferensi Asia Afrika

Bisa dikatakan bahwa museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang paling banyak dikunjungi jika dibandingkan dengan museum yang lainnya. Bukan hanya lokasinya yang merupakan pusat wisata kota, tetapi juga berbagai kegiatan menarik sering diadakan di dalam museum ini. Di dalam museum bersejarah ini, anda bisa menemukan mesin ketik, telepon, teropong, piagam, buku-buku bersejarah yang disusun dengan rapi dan terawat. Ada juga foto-foto kegiatan konferensi Asia Afrika dan sekilas mengenai cerita sejarahnya yang tertempel di sepanjang dinding. Tidak hanya itu, terdapat suatu ruangan yang terdapat beberapa layar interaktif mengenai mengetahui orang-orang yang terlibat di balik Konferensi Asia Afrika tahun 1950 lalu.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Bandung.

Mempelajari sejarah merupakan salah satu cara bagi kita, untuk mengetahui peristiwa di masa lampau dan menjadi pelajaran berharga untuk terus berusaha yang terbaik bagi masa depan. Ayo, tentukan jadwal keberangkatan dan temukan harga tiket promo pesawat di Reservasi.com dan juga daftar tarif hotel di Bandung Mari pelajari sejarah dengan mengunjungi museum-museum yang ada di sekitar kita!