Joran yang Tepat untuk Kegiatan Memancing Anda

3051 views

Memancing merupakan hobi yang menyenangkan sekaligus mahal bagi sebagian orang. Memilih joran atau pancing, yang juga sering disebut dengan fishing rod atau fishing tackle yang tepat memang bukan hal yang mudah. Namun memilih fishing rod yang tepat tak ubahnya seperti menemukan sepasang sepatu yang tepat. Tergantung pada jenis penangkapan ikan yang Anda lakukan dan ada banyak parameter untuk mengarahkan Anda memilih fishing rod yang tepat sesuai dengan lifestyle Anda.

Joran-Pancing-Carbon-e1464327941843

Pada akhirnya, fishing rod terdiri dari berbagai macam model dan gaya karena masing-masing dari mereka dirancang khusus untuk jenis pemancing yang berbeda pula. Jadi penting bagi Anda menemukan pancing yang terbaik berdasarkan kebutuhan memancing Anda yang lebih spesifik. Ini juga dapat berarti bahwa Anda berada di jalan yang benar untuk melakukan pembelian fishing rod yang tepat dan berkualitas:

  1. Pahami ukuran dan spesifikasi pancing.

Pilih panjangnya. Panjang batang pancing diukur dari ujung pancing sampai dasarnya (sebelum handle). Batang pancing berkisar dari jarak sekitar 120-420 centimeter. Batang pancing yang lebih besar, seringkali terbagi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dibawa dengan alat transportasi. Tergantung dimana tempat Anda akan memancing dan apa yang akan Anda pancing, Anda harus memilih batang pancing yang panjang. Sebab batang pancing yang lebih pendek digunakan untuk umpan yang ringan. Batang pancing yang panjang lebih memungkinkan Anda melakukan manipulasi saat fight dengan ikan, jadi lebih cocok juga untuk permainan yang lebih besar dan umpan yang lebih berat.

       2. Pilih berat pancing

Berat atau bobot joran memberitahu Anda seberapa banyak berat yang dapat ia bawa dan seberapa kuatnya. Tergantung juga pada umpan yang akan Anda gunakan, Anda mungkin akan memerlukan fishing rod berkekuatan khusus. Bobot pancing juga akan menentukan berat ikan yang bisa Anda ambil.

       3. Sesuaikan dengan teknik dan sasaran memancing.

Teknik dan sasaran memancing ini sangatlah banyak dan luas, jadi dalam memilih fishing rod atau batang pancing yang tepat juga haruslah disesuaikan dengan hal-hal semacam itu. Ambil contoh fishing rod untuk teknik jigging tentu tidak akan sama dengan fishing rod untuk teknik fly fishing. Demikian juga fishing rod untuk memancing di laut, tentu tidak akan sama dengan pancing yang digunakan untuk memancing di air tawar seperti waduk atau sungai atau tambak. Anda tidak dapat sembarangan dalam memilih fishing rod agar terhindari dari hal-hal seperti patahnya fishing rod, senar yang terurai atau terbelit, tidak nyaman saat melempar umpan dan tidak bisa fight saat strike.

        4. Jenis bahan dan komposit.

Tentukan jenis bahan atau komposit dari batang pancing. Batang pancing ada yang terbuat dari grafit, fiberglass atau campuran dari kedua bahan. Material bahan dasar pancing juga berkaitan dengan fungsi dan jenis ikan yang akan Anda pancing. Batang grafit cenderung lebih ringan namun kaku, namun lebih rapuh daripada batang fiberglass.

Sedangkan batang fiberglass lebih berat namun jauh lebih fleksibel jika dibandingkan batang pancing dari grafit. Batang pancing fiberglass juga lebih sulit dipatahkan dan biasanya juga jadi pilihan bagi pemancing yang menginginkan fishing rod dengan harga yang murah. Sedangkan untuk batang pancing yang terbuat dari kombinasi kedua bahan, yaitu grafit dan fiberglass adalah karakter joran pancing yang lebih baik daripada kedua jenis bahan murni. Harganya pun lebih mahal, namun ia dapat memancing segala jenis ikan.