Inilah Penjelasan Mengenai Hukum Zakat Fitrah Bayi dalam Kandungan

577 views

Banyak para ulama yang menjelaskan bahwa bayi yang masih berada dalam kandungan tidak diwajibkan untuk membayar zakat. Akan tetapi apabila bayi dalam kandungan tersebut lahir di malam hari raya idul fitri atau lahir pada hari raya idul fitri, maka ayah dari bayi tersebut memiliki kewajiban untuk membayar zakat tersebut. Sehingga bagi janin yang belum lahir di dunia tidak perlu diambilkan harta dari si janin tersebut. Apabila sebelum terbenamnya matahari badan bayi sudah keluar sebagian, sedangkan untuk sebagian lagi baru keluar setelah terbenamnya matahari di malam idul fitri, maka hal tersebut tidak akan diwajibkan untuk membayarkan zakat fitrahnya, karena dia masih dalam bentuk janin selama belum keluar seutuhnya.

Inilah Penjelasan Mengenai Hukum Zakat Fitrah Bayi dalam Kandungan

Seseorang wajib untuk dibayarkan zakat nya apabila dia sudah menjumpai hari raya idul fitri, yang mana orang tersebut masih ada di dalam dunia ketika hadirnya hari raya idul fitri. Karena waktu fitri adalah waktu yang menjadi sebagai batasan berakhirnya kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Waktu fitri merupakan waktu dimana ketika matahari mulai terbenam di hari puasa yang terakhir. Bayi yang sudah terlahir lima menit sebelum terbenamnya matahari itu artinya sang bayi telah menjumpai hari fitri. Begitu pula dengan orang yang meninggal lima menit setelah terbenamnya matahari juga termasuk sudah menjumpai hari fitri, karena ketika hari fitri tiba orang tersebut masih hidup.

Akan tetapi ada pula para ulama yang berpendapat bahwa janin pun juga memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitri, hal ini dikarenakan bayi di dalam kandungan juga manusia yang boleh menerima warisan dan wasiat, dengan begitu, ia masuk dalam keumuman hadits yang menjelaskan mengenai zakat fitrah serta juga telah diqibaskan dengan bayi yang telah lahir. Apabila janin sudah berumur 4 bulan di dalam kandungan, maka hukumnya wajib dalam hal membayar zakat.

Zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan diri orang-orang yang telah menjalankan ibadah puasa ramadhan dari pembicaraan yang kotor serta perbuatan yang tidak mengenakan hati dengan memberikan makanan kepada orang-orang miskin serta mencukupkan kebutuhan mereka. Karena hukum zakat bagi orang yang ada di dunia hukumnya wajib. Karena hukumnya wajib, maka setiap umat muslim harus mengeluarkan zakat sebelum melaksanakan sholat ied.

Hukum zakat fitrah bayi dalam kandungan memiliki perbedaan pendapat dari berbagai para ahli, akan tetapi hal ini jangan membuat Anda bingung, karena tidak ada salahnya apabila Anda sebagai calon orang tua membayarkan zakat untuk janin Anda, karena hal tersebut lah juga akan mendapatkan pahala, dan Anda pun juga tidak akan merugi untuk hal ini.

 

Leave a reply "Inilah Penjelasan Mengenai Hukum Zakat Fitrah Bayi dalam Kandungan"