Ini Gejala-Gejala Adanya Penyakit Diabetes

3121 views

Diabetes merupakan sebuah penyakit jangka panjang dan kronis dengan tanda kadar gula darah ( glukosa ) yang jauh di atas normal. Di mana glukosa sangat penting bagi kesehatan, karena merupakan sumber energi utama untuk otak maupun sel – sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita. Pola hidup sehat harus benar – benar dijalankan oleh orang yang memiliki penyakit diabetes karena jika pengobatan yang sedang dilakukan tidak ditunjang dengan penerapan pola hidup sehat, maka pengobatan akan sia – sia saja. Pola hidup sehat meliputi konsumsi makanan sehat yang tidak terlalu mengandung banyak gula, minyak dan makanan kurang sehat lainnya. Selain itu, rutin berolahraga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem imun dan meningkatkan stamina tubuh.

 Fakta-Fakta-Penyakit-Diabetes-Melitus-yang-menyerang-Oon-Project-Pop

Lalu apa saja gejala – gejala yang muncul pada penderita penyakit kronis ini, gejala – gejala yang muncul di antaranya sering merasa haus hingga menyebabkan dehidrasi. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari, rasa lapar yang terlalu berlebihan, menurunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, berkurangnya massa otot, terdapat keton dalam air seni. Keton sendiri adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan juga lemak yang terjadi pada saat produksi insulin tidak mencukupi. Cepat merasa lelah atau kelelahan juga termasuk gejala yang timbul, pandangan menjadi kabur, memiliki luka yang lama sembuh, serta sering mengalami infeksi, seperti pada gusi, kulit, vagina atau saluran kemih. Melalui gejala – gejala yang telah dijelaskan di atas, anda pun dapat segera memeriksakan diri ke ahli kesehatan atau dokter. Di mana pemeriksaan yang dilakukan sejak awal dan saat anda mengalami gejala tersebut, dapat mencegah bertambah parahnya kondisi penyakit kelebihan kadar gula di dalam darah ini.

Meskipun memang sel di dalam tubuh manusia memerlukan glukosa agar dapat bekerja dengan baik dan normal, di mana kadar zat gula darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Namun organ pankreas dari penderita diabetes tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuhnya, sehingga tanpa insulin dan obat tradisional, maka sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Leave a reply "Ini Gejala-Gejala Adanya Penyakit Diabetes"