Ini Alasan Mengapa Kamu Masih Belum Bisa Membeli Rumah, Padahal Sudah Usia 30-an

447 views

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk membeli rumah impian dan akan berusaha dengan keras untuk bisa mewujudkan impian tersebut. Meskipun nilai jual rumah saat ini sudah mengalami kenaikan yang cukup tinggi, namun kamu bisa mengtasi hal ini dengan membeli rumah secara kredit atau menggunakan program KPR ( Kredit Pemilikan Rumah ). Prosesnya tidak terlalu sulit, bahkan kini sudah dipermudah dengan uang muka atau DP yang semakin ringan hanya 20% saja.

Membeli Rumah

Namun sayangnya masih banyak anak muda yang menyepelekan masalah kredit rumah atau pun membeli rumah. Selain karena alasan nilai jual rumah yang terlalu mahal sehingga sulit mereka jangkau, pikiran untuk memiliki rumah saat sudah berencana menikah menjadi sasaran alasan lainnya. Padahal tidak ada salahnya untuk mulai mencicil rumah dan menabung untuk membeli rumah sedari dini.

Banyak hal memang yang tidak disadari oleh anak muda masa kini, yang nantinya akan berujung penyesalan di usia 30an nanti. Banyak masyarakat yang berusia 30an , yang memiliki penghasilan cukup besar namun tetap belum memiliki rumah sendiri atau bahkan memiliki niat untuk membeli rumah. Sebenarnya apa sih alasan mereka belum memiliki atau membeli rumah?

Tidak Berani Berkomitmen
Komitmet yang dimaksud dalam hal ini ialah komitmen dalam finansial. Membeli rumah memang bukan hal yang mudah dilakukan. Harus ada niat yang kuat untuk melakukannya. Komitmen untuk memiliki anggaran atau tabungan khusus untuk membeli rumah inilah yang sulit untuk diwujudkan oleh usia 30an. Banyak dari mereka justru menghbiskan uang tabungan untuk membeli barang – barang kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dimiliki. Padahal jika dikumpulkan uang tersebut aka nada dalam jumlah yang cukup besar dan bisa dibelikan sebuah rumah yang nyaman.

Mendahulukan Keinginan Dari Pada Kebutuhan
Pada usia muda atau usia 30an cenderung memiliki sifat konsumtif yang tidak terbatas. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang canggih sekarang ini. Banyak perlengkapan dan peralatan yang  membuat mereka tertarik ingin membelinya. Padahal fungsinya tidak terlalu berarti untuk kegiatan sehari – hari. Kebiasaan buruk seperti ini harus dihindar dan segera buang jauh – jauh di kehidupanmu. Coba tanamkan bila hunian atau membeli rumah tidak hanya sekedar membeli tempat tinggal saja namun juga dijadikan sebagai investasi properti yang menjanjikan.

Ingin Beli Rumah Secara Tunai
Membeli rumah dengan tunai keras atau tunai bertahap memang pilihan yang cukup baik. Bisa dikatakan demikian jika kamu mampu melakukannya dan kondisi finansialmu cukup stabil ketika melakukan hal ini. Meskipun kamu memiliki gaji atau penghasilan yang tinggi namun memiliki hobi menghamburkan uang. Kapan kamu akan membeli rumah dengan tunai ?. coba sadarkan diri bila ingin membeli rumah secara tunai kumpulkan sebagian penghasilanmu dengan disiplin agar bisa membeli rumah dalam waktu dekat. Jika memang tidak bisa disiplin menabung. Kamu bisa membeli rumah dengan cara kredit, atau dengan mendepositkan uang setiap bulannya.

Menghindari Pekerjaan Sampingan
Memang tampak melelahkan ketika kita bekerja untuk 2 kegiatan sekaligus dalam seharian. Namun demi mewujudkan impian membeli rumah kenapa tidak? Nilai jual rumah setiap tahunnya akan semakin sulit untuk kamu capai. Maka lakukan segala hal yang bisa kamu perbuat untuk mengumpulkan uang secepat mungkin dengan kegiatan positif. Kamu bisa menabungkan penghasilan yang kamu dapatkan dari pekerjaan tambahan agar penghasilan dari pekerjaan utama tidak terganggu.

Tidak Punya Tabungan Khusus
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika kamu tidak memiliki tabungan khusus untuk membeli rumah. Sampai kapanpun kamu tidak akan bisa membeli rumah. Meskipun sudah diketahui manfaatnya namun nyatanya menabung masih saja dijadikan sebagai hal sepele oleh banyak orang. Meskipun pada awalnya terasa berat untuk menyisihkan uang, namun jika dilakukan dengan disiplin dan tidak menyiksa. Menabung akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Merasa Tidak Puas Dengan Penghasilan Yang Dimiliki
Manusia memang memiliki difat alamiah untuk merasa tidak puas. Cobalah untuk lebih bersyukur dan merima keadaan. Penghasilan sejumlah apapun tidak akan pernah mencukupi hasrat konsumtif yang kamu miliki. Semakin banyak penghasilan yang kamu miliki, pasti akan semakin banyak pula keinginan yang ingin kamu wujudkan dengan uang tersebut. Seharusnya penghasilan ini harus kamu manfaatkan secara maksimal agar fungsinya benar – benar terjalankan.

Jangan pernah lupa dengan nilai jual rumah yang akan terus meningkat setiap waktunya. Siapkan diri untuk menghadapi kenyataan pahit tersebut. Antisipasi dari sekarang. Mulai menabung dan mengumpulkan uang untuk membeli rumah, bangun komitmen untuk memiliki rumah demi masa depan. Membeli rumah tidak selamanya harus kamu tempati atau dihuni. Kamu bisa menjadikannya sebagai investasi dengan menyewakannya atau menjualnya nanti setelah nilai jual properti mengalami kenaikan. Jangan tunda – tunda waktu untuk membeli rumah, atau kamu akan kehilangan kesempatan baik untuk memiliki rumah mewah dengan harga murah sekarang !!

Leave a reply "Ini Alasan Mengapa Kamu Masih Belum Bisa Membeli Rumah, Padahal Sudah Usia 30-an"