Harga Kipas Angin Bekas Dipengaruhi Oleh Kondisi Barang Tersebut

668 views

Harga Kipas Angin Bekas Dipengaruhi Oleh Kondisi Barang Tersebut

Kipas angin menjadi salah satu barang elektronik yang harus ada di rumah sehingga rumah bisa menjadi lebih sejuk tanpa harus menggunakan AC. Kipas angin ada yang jenis kipas angin duduk ada yang jenis kipas angin tembok dimana Anda harus memasangkannya di tembok atau di dinding. Masing-masing kipas memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sehingga tidak heran jika harga kipas angin ada yang ratusan ribu rupiah bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah, tergantung dari jenis kipas.

Kipas angin yang digunakan dalam jangka waktu yang lama, tidak bisa dipungkiri akan mengalami kerusakan sehingga jika kipas angin tersebut dijual akan mempengaruhi harga jual dari kipas tersebut. Terdapat beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin. Pertama adalah kipas yang tidak bisa berputar atau mengalami perputaran yang lambat. Kerusakan ini terjadi karena terjadi masalah pada bearing atau bushing di dalam kipas. Jika bearing sudah rusak, berwarna hitam seperti terbakar, yang disebabkan karena aus dan tidak bisa diperbaiki lagi maka Anda harus menggantinya.

Kedua adalah kondisi kipas yang mati total. Jika kerusakan sudah parah dan tidak bisa dinyalakan maka otomatis harga kipas angin bekas akan semakin menurun. Kerusakan ini ditandai dengan adanya baling-baling yang tidak berputar padahal Anda sudah menekan tombol ON dan tidak ada getaran di motor kipas. Anda bisa membuka kipas angin tersebut dan melihat kerusakannya apakah sekring, kabel power, tombol speed dan tombol timer (jika ada) mengalami kerusakan atau tidak. Jika tidak ada kerusakan, maka cek di bagian motor kipas dengan multitester karena mungkin gulungannya putus atau terbakar.

Ketiga adalah kipas yang tidak bisa berputar dan tidak terdengar suara dengungan yang disebabkan sekring atau fuse yang putus. Sekring atau fuse ini bertujuan sebagai pengaman panas yang berlebihan sehingga tidak terbakar kumparannya. Jika terlalu panas, maka sekring akan terputus dan untuk mengetahui apakah sekring tersebut rusak atau tidak maka Anda harus mengukurnya dengan menggunakan multitester.

Keempat adalah baling-baling yang berjalan dengan pelan. Tanda-tanda kerusakan ini adalah jika tombol ON ditekan maka dinamo atau motor kipas akan bergetar dan mendengung namun baling-baling kipas akan berputar dengan pelan bahkan tidak berputar sama sekali. Cara memperbaikinya adalah:

  • Cek AS tidak macet dan jika macet harus dibersihkan terlebih dahulu.
  • Pastikan antara as dengan bos atau bearing tidak kendor dan bergoyang.
  • Jika kipas angin tetap tidak mau berputar maka Anda harus mengganti kapasitornya.

Kerusakan yang lainnya yang biasanya terjadi dan bisa mempengaruhi harga kipas angin saat dijual kembali yaitu:

  • Salah satu speednya mati misalnya speed nomor 2 mati dan kemungkinannya kerusakan terjadi di bagian tombol speed atau pada motor/dinamo kipas.
  • Kipas yang tidak bisa menengok ke kanan dan ke kiri. Umumnya kerusakan ini terjadi karena terlalu lama dipakai baut kunci yaitu antara dinamo dan roda gigi yang kendor. Jika Anda menggunakan jenis kipas yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa bagian saklar on/off karena ada kemungkinan jika terjadi kerusakan di bagian dinamo penggerak.
  • Kerusakan non teknis yang disebabkan karena salah satunya adalah faktor manusia misalnya salah satu baling-baling dari kipas tersebut patah atau pecah, leher kipas yang patah dan Anda bisa mengganti bagian yang patah tersebut dengan sparepart yang baru.

 

Leave a reply "Harga Kipas Angin Bekas Dipengaruhi Oleh Kondisi Barang Tersebut"