6 Kota yang Membuat Kamu Ingin Belajar Graffiti

409 views

Walaupun telah tersedia berbagai media modern untuk membuat gambar, dinding masih menjadi salah satu media menarik yang menggugah para seniman. Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif. Mereka menggunakan cara tersebut sebagai sarana untuk mengkomunikasikan perburuan.

Pada zaman modern ini, melukis di dinding merupakan sebuah ekpresi seni yang patut dihargai. Seni ini pun disebut dengan sebutan graffiti dan graffiti merupakan seni luar biasa dari para seniman berbakat. Berikut beberapa kota yang memiliki graffiti terbaik yang pasti akan membuatmu mengagumi graffiti atau bahkan dapat membuatmu ingin belajar graffiti.

  1. New York City, USA

Kota pertama yang sangat identik dengan seni lukis jalanan adalah New York. Jika kamu telah sampai ke kota ini, maka kamu bisa dengan mudah menemukan karya-karya para seniman jalanan. Karya ini bukan karya sembarang melainkan bisa disebut sebagai karya yang luar biasa. Para seniman tersebut bahkan dapat membuat gambar dengan efek 3 dimensi. Tak berlebihan jika kita mengatakan bahwa kota ini merupakan kota yang paling menginspirasi kamu untuk belajar graffiti.

  1. Melbourne, Australia

Sama halnya dengan New York, Melbourne juga merupakan ibukota graffiti yang bisa kamu temukan di hampir setiap sudut kota. Jalan-jalan di Melbourne ini telah menjadi media berkarya sejak tahun 2000. Lukisan-lukisan di dinding serta bangunan ini selalu bertambah di setiap malamnya. Sama halnya dengan tujuan umum dari pembuatan graffiti tersebut, hasil lukisannya pun mewakili masalah politik yang sedang terjadi namun ada juga yang sekedar kreatifitas individual.

  1. Berlin, Jerman

Beralih ke Jerman, Berlin ternyata juga memiliki seni jalanan yang mengesankan. Fakta ini juga didukung oleh banyaknya jumlah pelukis jalanan dunia yang datang ke Berlin dan menorehkan karya mereka di sana sekaligus sebagai pertanda bahwa mereka pernah berkunjung ke Berlin. Saking terkenalnya, kota ini dijuluki sebagai City of Design oleh UNESCO.

  1. London, Inggris

Nama Picasso dan Matisse tentu masih melekat di ingatan kamu. Belakangan ini, The Times menyematkan nama tersebut untuk “pertarungan” seni antara Banksy dan King Bobo. Saking hebatnya kiprah mereka sebagai seniman jalanan di London, mereka sampai diibaratkan demikian. Sudah jelas pula bahwa London memang kota yang dipenuhi dengan graffiti. Di sini, para seniman jalanan diapresiasi dengan baik sehingga membuat mereka leluasa dalam berkarya.

  1. Angouleme, Prancis

Ibu kota street art di Prancis adalah Angouleme. Kota ini dirasa sebagai kota terbaik untuk para seniman tinggal. Pasalnya, di sini kamu juga bisa menemukan sekolah comic art dan festival seni internasional tahunan. Telah ada lebih dari 20 mural yang telah di-approved di Angouleme. Kota ini kemudian berhasil menjadi ibukota street art di Prancis.

  1. Reykjavik, Islandia

Sama seperti kota-kota yang telah disebutkan di atas, para seniman jalanan di kota Reykjavik ini telah diterima dan dihargai. Tak hanya demikian, para pelukis jalanan yang melukis dinding properti bahkan bisa mendapatkan komisi. Kota ini pun semakin terlihat bergaya dari tahun ke tahun.

Bagaimana Readers? Apakah kota-kota pemilik graffiti terbaik di atas sudah mampu menggugah seleramu untuk menekuni seni yang satu ini? Selain dari kota-kota di atas, beberapa judul film juga dapat membuatmu ingin belajar graffiti. Judul-judul film tersebut bisa kamu dapatkan di website keren goaheadpeople.id. Semoga seni dapat terus berkembang dan berdampak positif bagi penikmatnya.