5 Hal yang Harus Anda Perhatikan sebelum Membangun Rumah

297 views

Membangun rumah untuk kelak dijadikan tempat tinggal dan bersenda gurau oleh Anda dan keluarga adalah kegiatan yang menyenangkan! Dimulai dari kegiatan memilih lokasi untuk rumah yang akan dibangun kelak, menentukan gaya rumah yang akan dibangun kelak, menentukan bahan bangunan yang akan dipakai, memilih akan menggunakan jasa arsitek maupun kontraktor bangunan atau tidak, dan lain sebagainya.

Jasa-arsitek-rumah-810x456

 Ketika akan membangun rumah, Anda harus memastikan bahwa rencana yang telah Anda susun bersama arsitek yang Anda pekerjakan berjalan dengan sebagaimana mestinya tanpa adanya perubahan rencana karena apabila di tengah jalan Anda melakukan perubahan dalam pekerjaan pembangunan rumah, yang ada malah Anda akan menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya lebih banyak dan mungkin bisa sampai dua kali lipat dibandingkan bila Anda stick to the first plan. Maka dari itu, pastikan Anda telah menyusun rencana secara matang melalui pemikiran yang terorganisir dan sistematis. Berikut hal-hal yang Anda harus perhatikan sebelum Anda membangun rumah!

Menggunakan jasa arsitek saat membangun rumah dapat memberi Anda banyak keuntungan. Arsitek adalah seseorang yang ahli dalam mendesain bangunan seperti rumah, kantor, gedung rumah sakit, dan jenis bangunan lain. Seorang arsitek memiliki pengetahuan yang segudang mengenai bangunan dan pengalaman dalam membangun rumah, sehingga memungkinkan Anda untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang akan terjadi bila Anda nekat membangun rumah tanpa bantuan seorang arsitek.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa dengan menggunakan jasa arsitek, rumah Anda memiliki nilai dan ‘citarasa’ yang sangat terlihat. Baik karena desain di bagian dalam rumah ataupun terlihat dari penampilan luar rumah.

  • Membuat Skala Prioritas

Skala prioritas terbukti ampuh untuk membantu seseorang mengerjakan proyek sesuai rencana dan agar terhindar dari hambatan yang mungkin menghadang pekerjaan di tengah jalan. Ketika Anda akan memulai proyek membangun atau merenovasi rumah, Anda tentunya akan memastikan bahwa tidak ada satu detil kecil pun yang terlewatkan. Mulai dari menentukan tipe rumah yang Anda inginkan, memilih bahan material yang terbaik, menentukan pekerja bangunan yang tepat, dan lain-lain. Seringkali orang-orang meremehkan pentingnya membuat skala prioritas mengenai apa yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu, dan hal mana yang bisa dikerjakan belakangan. Maka dari itu, mengurutkan skala prioritas sebelum membangun ataupun merenovasi rumah merupakan hal krusial yang harus dilewati oleh Anda yang ingin proyek Anda berlangsung secara teratur serta selesai tepat waktu.

Skala Prioritas dalam Membangun Rumah

Skala prioritas ketika hendak membangun rumah sebaiknya berbentuk seperti ini:

  • Perencanaan dan perancangan; meliputi perumusan ide mengenai akan seperti apa bentuk rumah yang Anda inginkan, besar dan luas rumah, gaya arsitektur, kemudian memilih arsitek, designer interior, dan tukang bangunan, menentukan lokasi serta yang terakhir merancang anggaran pembangunan.
  • Rencana pelaksanaan; setelah proses perumusan dan perancangan ide, selanjutnya Anda mulai berdiskusi dengan arsitek atau tukang bangunan mengenai rancangan bangunan, tata letak bangunan, hingga detail mengenai interior, rencana instalasi, dan material yang ingin digunakan.
  • Mengurus IMB
  • Persiapan pembangunan; yaitu proses pembersihan lahan dari sampah dan tumbuhan liar, pembuatan bedeng dan sumur apabila PAM tidak tersedia, pemasangan Bouwplank (papan bangunan).
  • Pekerjaan pondasi; setelah segara persiapan dan persyaratan dalam membangun rumah telah Anda penuhi, prioritas Anda selanjutnya adalah memulai pengerjaan pondasi rumah Anda. Yang dimaksud dengan pekerjaan pondasi adalah penggalian, pengurugan, perataan, dan pemadatan tanah yang kelak menjadi dasar dari rumah Anda.
  • Pekerjaan Struktur; yaitu proses pembuatan balok-balok struktur rumah menggunakan beton bertulang, kemudian proses menjadikan plat menjadi besi, pemasangan bata atau dinding lalu memlapisinya dengan acian, pemasangan kusen pada sisi dinding tertentu guna tersedianya aliran udara, pelapisan serta polishing kusen jendela dan pintu, dan yang terakhir pemasangan kunci-kunci pada pintu dan jendela.
  • Menutup Atap; setelah pondasi dan rumah Anda selesai dibangun keseluruhannya, prioritas Anda selanjutnya adalah menutup atap rumah menggunakan atap baja ringan yang disertai oleh pemasangan alumunium foil bila perlu, dan memasang genteng rumah.
  • Mengerjakan plumbing, mekanik, elektrik; maksudnya adalah seluruh proses pengerjaan saluran air dan listrik, seperti pemasangan WC, wastafel, pemanas air kamar mandi, pipa air bersih dan kotor, jaringan kabel listrik berupa meteran, kotak sekring, stop kontak, dan sakelar listrik.
  • Finishing; pekerjaan finishing meliputi pemasangan material bagian kusen, pintu, jendela, lantai dan dinding sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Misalnya, pemilihan pemakaian ubin biasa atau lebih memilih memakai wallpaper untuk dinding Anda.
  • Pengecatan; setelah selesai membangun elemen dasar rumah, yang Anda lakukan selanjutnya adalah mengecat tembok baik bagian dalam maupun luar rumah.

Pekerjaan opsional/ekstra; pekerjaan opsional dan ekstra dalam membangun rumah adalah pekerjaan yang tidak terlalu penting dan merupakan pilihan pemilik rumah mau dikerjakan atau tidaknya. Contohnya seperti membangun kolam renang, pagar halaman dan garasi rumah.

  • Menetapkan Aturan

Aturan disini dimaksudkan sebagai kapan waktu yang Anda inginkan untuk rumah Anda selesai dibangun? Atau kriteria rumah seperti apa yang Anda idamkan? Pastikan Anda menetapkan aturan-aturan sebelum pekerjaan membangun rumah dilakukan dengan cara membicarakannya dengan arsitek rumah yang Anda pekerjakan agar kelak tidak terjadi miskomunikasi dan hasil akhir rumah tidak mengecewakan Anda!

Kini Anda telah mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan sebelum memulai pekerjaan membangun rumah. Semoga Anda selangkah lebih dekat dalam memiliki rumah impian Anda!

 

Leave a reply "5 Hal yang Harus Anda Perhatikan sebelum Membangun Rumah"